Kamis, 17 Maret 2011

Peribahasa dan Pepatah

Peribahasa merupakan kelompok kata atau kalimat yang tetap susunannya, yang biasanya mengiaskan maksud tertentu. Dapat diartikan juga sebagai kalimat atau ungkapan atau kalimat ringkas padat yang berisi perbandingan, perumpamaan, nasihat, prinsip hidup, atau aturan tingkah laku. (KBBI Edisi 3: 2001)
Sedangkan menurut wikipedia, peribahasa merupakan ayat atau kelompok kata yang mempunyai susunan yang tetap dan mengandung pengertian tertentu, bidal, pepatah. Beberapa peribahasa merupakan perumpamaan yaitu perbandingan makna yang sangat jelas karena didahului oleh perkataan seolah-olah, ibarat, bak, seperti, laksana, macam, bagai, dan umpama.

Pepatah, dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia didefinisikan sebagai peribahasa yang mengandung nasihat atau ajaran dari orang tua-tua (biasanya dipakai atau diucapkan untuk mematahkan lawan bicara).

Dalam blog ini akan disajikan berbagai macam peribahasa dan pepatah yang disusun berdasarkan abjad alfabet. Namun demikian, penyajiannya dilakukan secara bertahap dahulu. Kebanyakan peribahasa yang diupload disini bersumber dari Kamus Besar Bahasa Indonesia.

Semoga bermanfaat bagi pembaca semuanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar